Gugus Tugas Covid-19 Tingkat RT Perlu Dibentuk, Biar Pesan Tersampaikan ke Gang Sempit

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat nasional harus dilakukan hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). Hal itu guna mempercepat penanganan dampak virus secara menyeluruh.

“Selain itu, pedoman pencegahan penyebaran virus Corona yang sudah dirumuskan dengan bagus sekali di tingkat nasional harus tersampaikan dengan baik pula di tingkat RT bahkan lorong,” kata Emrus melalui keterangan tertulis, Senin (23/3/2020).

Read More

Emrus menambahkan, pedoman pencegahan dan penjelasannya harus dimodifikasi oleh tim gugus tugas setempat dalam narasi yang disesuaikan dengan gaya bahasa dan perilaku kearifan lokal.

“Sehingga sangat mudah dimengerti, diterima dan diterapkan oleh setiap individu dalam satu tingkatan struktur pemerintahan paling bawah,  yaitu RT atau bahkan lorong di seluruh tanah air,” tukasnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia terus bertambah. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan ada tambahan 64 kasus positif di Indonesia pada hari ini, Minggu (22/3/2020).

Dengan tambahan tersebut, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia kini menjadi 514. Dari data itu, sebanyak 437 pasien positif Covid-19 kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Hingga Minggu (22/3) malam, sudah ada 48 pasien Covid-19 yang meninggal di Indonesia. Sementara pasien Covid-19 yang berhasil sembuh mencapai 29 orang.

“Ada penambahan kasus kematian sebanyak 10 orang sehingga totalnya adalah 48 orang,” kata Juru Bicara Pemerintah RI untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di kantor BNPB, Jakarta, Minggu.[asa]

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *